📗Apakah Rumah yang Disewakan Terkena Zakat?

Pertanyaan:

Bagaimana dengan hukum rumah kost/kontrakan....tetapi selama 1 tahun....tidak laku/tidak ada yg menempati. Apa perlu dizakati...rumah kost/kontrakan tersebut...?

Jawaban:

Tidak dizakati. Karena tidak ada pemasukan sama sekali dari kontrakan itu.

Para Ulama, di antaranya Syaikh Bin Baz dan Ibn Utsaimin berpendapat bahwa utk rumah yg disewakan, zakatnya bukan pada nominal nilai rumah/bangunan. Namun pada penghasilan dari sewa itu jika melebihi nishob dan melewati masa hal (setahun hijriyah).

Misalkan, suatu rumah dgn total biaya bangun 1 M. Disewakan setahun 30 juta. Jika uang 30 juta yg telah melampaui nishob dan tersimpan setahun hijriyah. Maka terkena zakat 2,5% yaitu 750 ribu. Tetapi jika penghasilan sewa 30 juta itu tidak tersimpan hingga setahun, maka tidak terkena zakat. Misalkan dari 30 juta itu terpakai utk beli motor 15 juta. Biaya kebutuhan keluarga 14 juta. Setahun kemudian tersisa 1 juta. Maka tidak terkena zakat.

Beberapa fatwa Ulama ttg itu di antaranya:

http://www.alifta.net/fatawa/fatawaDetails.aspx?BookID=5&View=Page&PageNo=3&PageID=4328

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.binbaz.org.sa/mat/13631&ved=0CBkQFjAAahUKEwia_Oj5-5vHAhXh4qYKHXZ1AP8&usg=AFQjCNFSawd0SJUmMRiJO04iabHgrow1fg

Wallaahu A'lam

(Abu Utsman Kharisman)

💡💡📝📝💡💡

WA al-I'tishom