☑️ IBROH LEBIH DIPENTINGKAN DARI SEKEDAR WAWASAN 💡
----------------
#abdulaziz_arrajihi
#tafsir_alkahfi
#ibroh_ayat
-----------------

Syaikh Abdul Aziz arRajihi hafidzohullah memberikan pengantar sebelum beliau menjelaskan ayat 22-26 dari surat alKahfi:

الأصل في القصص القرآني أن تؤخذ منه العبرة والفائدة، أما الخوص فيما لا فائدة فيه كعدد أصحاب الكهف وأسمائهم واسم كلبهم فليس هذا من العلم الضروري، ولا ينبغي الخوض فيه بلا علم.

"Asal dalam memahami berbagai kisah yang disebutkan dalam alQuran adalah MENJADIKANNYA SEBAGAI 💎PELAJARAN DAN FAIDAH.

Adapun memperdalam pembahasan dalam hal-hal yang tidak memberikan faidah padanya seperti pembahasan mengenai berapa jumlah pemuda ash-habulkahfi, siapa saja nama-nama mereka, apa nama anjing mereka*; yang seperti ini bukanlah termasuk ilmu yang mendesak maupun harus diketahui, dan tidaklah diperbolehkan terlalu mendetail padanya tanpa sandaran ilmu."

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Kita yang menukilkan perlu ingat; betapa jenis wawasan semacam inilah yang lebih dipentingkan para pegiat dakwah yang berafiliasi ke kelompok, ormas, atau tokoh tertentu (baca: hizbiyyun). Pembahasan yang mereka buru dan mendapat tempat di hati mereka adalah berkisaran tambahan wawasan yang seringkali tidak menyentuh konsekwensi amal (hati, lisan dan anggota badan).

Maka Ahlussunnah harus membedakan diri dari mereka karena takut karena Allah, dan jika ada wawasan yng diperoleh justru lebih menguatkan pelajaran yang bisa mereka petik untuk diamalkan.

اللم وفقنا لصالح الأخلاق و الأعمال ...

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

alih bahasa dan publikasi kembali
Abu Abdirrahman Sofian عفى الله عنه ولوالديه ولجميع المسلمين

📡 WA al I'tishom | Paiton | 29 Shofar 1437 H |