📕💐 NAMA-NAMA NERAKA (AN-NAAR)

Saqor adalah salah satu nama anNaar (neraka). Secara bahasa saqor artinya adalah yang panasnya sangat menyengat/ membakar.

anNaar memiliki beberapa nama yang menunjukkan sifat-sifat/karakteristiknya. Nama-nama anNaar tersebut ada dalam al-Quran, seperti :

1⃣. al-Huthomah. Secara bahasa, al-Huthomah artinya adalah yang menghancurkan/ meluluhlantakkan. Ia akan meluluhlantakkan segala yang masuk ke dalamnya.

Q.S al-Humazah ayat 4-5.

2⃣. Jahannam, secara bahasa artinya adalah yang jauh/dalam dasarnya.

Nama Jahannam dalam al-Quran disebutkan tidak kurang dari 72 ayat.

Hal yang menunjukkan demikian dalamnya dasar anNaar: suatu batu yang dilemparkan ke dalamnya, selama waktu 70 tahun belum bisa mencapai dasarnya.

أَنَّ الْحَجَرَ يُلْقَى مِنْ شَفَةِ جَهَنَّمَ فَيَهْوِي فِيهَا سَبْعِينَ عَامًا لَا يُدْرِكُ لَهَا قَعْرًا

Sesungguhnya batu yang dilemparkan dari mulut Jahannam akan jatuh padanya 70 tahun belum mencapai dasar (H.R Muslim dari Utbah bin Ghozwaan).

3⃣. Haawiyah, artinya (tempat) dijatuhkan, karena sesuatu dimasukkan ke dalam anNaar dengan cara dijatuhkan (dari atas ke bawah).

Q.S al-Qoori’ah ayat 9.

4⃣. As-Sa’iir, artinya yang dinyalakan (apinya).

Disebutkan tidak kurang dalam 8 ayat. Di antaranya: Q.S al-Hajj ayat 4, Luqman ayat 21, Saba’ ayat 12, Faathir ayat 6, asy-Syuuro ayat 7, al-Mulk ayat 5, al-Mulk ayat 10, al-Mulk ayat 11.

5⃣. Ladzhaa, artinya yang berkobar (apinya).

Q.S al-Ma’aarij ayat 15.

6⃣. Saqor, artinya yang sangat menyengat panasnya.

Disebutkan dalam 4 ayat al-Quran: al-Qomar ayat 48, al-Muddatstsir ayat 26,27, 42.

7⃣. Al-Jahiim, artinya bara api di atas bara api (penjelasan al-Fara’ dinukil oleh Ibnul Jauzi). Atau, api yang sangat besar nyalanya.

Disebutkan tidak kurang pada 23 ayat dalam al-Quran.

Para Ulama’ berbeda pendapat apakah nama-nama tersebut adalah nama lain dari anNaar yang menunjukkan karakteristik/ sifat anNaar, atau nama-nama itu adalah nama tingkatan dalam anNaar.

Pendapat yang rajih adalah pendapat yang menyatakan bahwa itu adalah nama lain dari anNaar, bukan nama-nama tingkatannya. Ini tersirat dalam fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah.

Memang disebutkan dalam alQuran maupun hadits yang shahih bahwa anNaar itu memiliki 7 pintu.

لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ ...

(Jahannam itu) memiliki 7 pintu (Q.S al-Hijr ayat 44).

وَلِجَهَنَّمَ سَبْعَةَ أَبْوَابٍ وَبَعْضُهَا أَفْضَلُ مِنْ بَعْضٍ

Dan Jahannam itu memiliki 7 pintu dan sebagiannya lebih utama dibandingkan yang lain (H.R Ahmad, atThobarony, dinyatakan sanadnya jayyid oleh al-Mundziri dan dihasankan al-Albany)

Tujuh pintu itu adalah tingkatan-tingkatan dalam anNaar, sebagaimana dijelaskan oleh Sahabat Nabi Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu.

Namun, tidak ditemukan adanya hadits shahih yang menyebutkan nama-nama pada tingkatan itu. Semakin ke bawah tingkatannya, siksaannya paling dahsyat. Tingkatan itu sesuai kadar dosa pelakunya.
Semoga Allah Subhaanahu Wa Ta’ala melindungi kita dari adzab anNaar.

(Abu Utsman Kharisman)

💡💡📝📝💡💡

WA al-I'tishom