💐📕Sholat Istikharah

❓Pertanyaan:
Mhn pencerahan ustadz, untuk amalan sholat istikhoroh yg benar kita menentukan pilihan dulu baru sholat istikhoroh & bertawaqal atau kita sholat & do'a dulu baru menentukan pilihan..? Jazakallaahu khoiron.. Semoga Allah memberi keberkahan ilmu kpd Ustadz..

✅ Jawaban:
Kita sholat istikhoroh dan berdoa dulu baru menentukan pilihan.

Berikut ana kutipkan dan terjemahkan fatwa al-‘Allaamah Ibnu Utsaimin:

إذا تردد الإنسان في شيء هل يفعله أو لا يفعله فالمشروع له أن يستخير الله عز وجل، فيصلي ركعتين، وإذا سلم دعا بدعاء الاستخارة المعروف، ثم إن ركن إلى شيء من الأشياء فهذا علامة على أن الله اختار له ذلك، وإن لم يركن وبقي متردداً يعيد الاستخارة مرة بعد أخرى، ثم الاستشارة، ثم يقدم على ما يقدم عليه، وإذا أقدم على ما يقدم عليه مع إخلاصه في الدعاء وثقته بربه عز وجل فإننا نعلم أن هذا الذي قدر له وأقدم عليه هو الخير

Jika seseorang ragu dalam suatu hal, apakah ia kerjakan atau tidak kerjakan, maka yang disyariatkan adalah hendaknya ia beristikharah kepada Allah Azza Wa Jalla. Kemudian ia sholat dua rokaat. Jika ia selesai salam, kemudian ia berdoa dengan doa istikharah yang telah ma’ruf. Kemudian jika ia cenderung pada salah satu (pilihan itu) maka itu adalah tanda bahwa Allah telah memilihkan hal itu untuk dia. Jika ia tidak memiliki kecenderungan (pada salah satu hal) dan tetap ragu, ia bisa mengulangi istikharah berulang kali. Kemudian ia bermusyawarah (dengan orang yang ahli / sholeh), kemudian ia berbuat apa yang ia perbuat. Jika ia berbuat sesuatu bersamaan dengan keikhlasannya dalam berdoa dan keyakinannya kepada Tuhannya Azza Wa Jalla, maka kami mengetahui bahwa apa yang ditakdirkan untuknya dan yang ia perbuat adalah baik (Liqoo’ Baabil Maftuuh libni Utsaimin (100/12))
 
 
(Abu Utsman Kharisman)

💡💡📝📝💡💡

WA al-I'tishom