🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗

💎 FAWAID DARI HADITS AL-ARBAIN AN-NAWAWIYYAH

(HADITS KE 02)

〰〰〰

عن عمر رضي الله عنه أيضاً قال: “بينما نحن جلوسٌ عند رسول الله صلى الله عليه وسلم ذات يوم إذ طَلَعَ علينا رجلٌ شديد بياض الثياب، شديد سواد الشعر، لا يُرى عليه أثرُ السفر ولا يعرفه منَّا أحدٌ، حتى جلس إلى النَّبيِّ صلى الله عليه وسلم، فأسنَد ركبتيه إلى ركبتيه، ووضع كفَّيه على فخذيه، وقال: يا محمد أخبرني عن الإسلام؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: الإسلامُ أن تشهدَ أن لا إله إلا الله وأنَّ محمداً رسول الله، وتقيم الصلاة، وتؤتي الزكاة، وتصوم رمضان، وتحج البيت إن استطعتَ إليه سبيلاً، قال: صدقت، فعجبنا له يسأله ويصدِّقه، قال: فأخبرني عن الإيمان؟ قال: أن تؤمنَ بالله وملائكته وكُتبه ورسله واليوم الآخر، وتؤمن بالقدر خيره وشره، قال: صدقتَ، فأخبرني عن الإحسان؟ قال: أن تعبدَ الله كأنَّك تراه، فإن لَم تكن تراه فإنَّه يراك، قال: فأخبرني عن الساعة؟ قال: ما المسئول عنها بأعلمَ من السائل، قال: فأخبرني عن أمَاراتِها؟ قال: أن تلدَ الأَمَةُ ربَّتَها، وأن ترى الحُفاةَ العُراة العالة رِعاء الشاءِ يتطاولون في البُنيان، ثمَّ انطلق فلبث مليًّا ثم قال: يا عمر أتدري مَن السائل؟ قلت: الله ورسوله أعلم، قال: فإنَّه جبريل أتاكم يعلِّمُكم دينَكم” رواه مسلم.

✏️ Dari Umar bin khotthob rodiyallohu anhu beliau berkata; “Pernah suatu hari tatkala kami sedang duduk bersama Rosululloh alaihi sholaatu wassalam, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang sangat putih pakaiannya dan sangat hitam rambutnya, tidak nampak darinya bekas perjalanan jauh, dan tidak ada satu orangpun dari kami yang mengenalnya, sampai akhirnya dia duduk dihadapan Rosul sambil merapatkan lututnya kelutut Rosul dan meletakkan kedua tangannya diatas pahanya dan berkata :

Wahai Muhammad beritahu aku apa itu Islam? Rosululloh menjawab: “Islam adalah engkau bersyahadat la ilaha illallohu wa anna muhammad rosululloh, engkau menegakkan sholat, menunaikan zakat, berpuasa dibulan romadhon, dan berhaji ke baitulloh jika mampu”. Berkata laki-laki tersebut; engkau benar. Maka kamipun heran, dia yang bertanya namun dia pula yang membenarkan.

Dia bertanya lagi apa itu iman? Rosul menjawab: “Engkau beriman kepada Alloh, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rosul-rosul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada taqdir yang baik dan buruk”. Dia berkata: engkau benar.

Dia bertanya lagi: apa itu ihsan? Rosul menjawab: “Engkau beribadah kepada Alloh seakan-akan engkau melihatnya kalau engkau tidak mampu maka ketahuilah bahwa Alloh melihatmu”.

Kemudian bertanya lagi; beritahukan kepadaku tentang (kapan) hari kiamat? Rosul berkata; “Tidaklah orang yang ditanya lebih tahu dari yang bertanya”. Dia berkata; beritahu aku tentang tanda-tandanya? Rosul bersabda; “Jika seorang budak telah melahirkan anaknya, dan engkau melihat pengembala kambing yang miskin berlomba-lomba mempertinggi bangunannya”.

Kemudian orang itu pergi, dan kami tinggal beberapa saat, maka Rosul bertanya; “Wahai umar taukah kamu siapa orang tadi?” Aku berkata; Alloh dan Rosulnya lebih tahu. Rosul berkata; “Dia adalah Jibril yang datang untuk mengajari kalian agama kalian”. (HR. Muslim)

〰〰〰

✏️ Berkata Fadhilatus Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad حفظه الله:

💎 Faedah-faedah dari hadits:

🔹1. Seorang yang bertanya hendaknya selain dia bertanya dalam rangka mengetahui jawaban sebuah masalah maka hendaknya pula dia bertanya dalam rangka untuk memberikan faedah ilmu kepada orang lain yang hadir di majlis tersebut

🔸2. Para malaikat diberi kemampuan oleh Alloh untuk merubah wujudnya menjadi manusia, namun bukan dalil tentang kebolehan tamsil (seni peran/sinetron) yang tersebar pada saat ini dikarenakan sinetron padanya ada jenis kedustaan. Adapun apa yang terjadi pada Jibril maka ini dengan izin Alloh dan kekuasaannya.

🔹3. Penjelasan tentang adab seorang murid dihadapan gurunya.

🔸4. Ketika terkumpul lafadz islam dan iman dalam sebuah ucapan, maka islam adalah amalan yg nampak sedangkan iman adalan amalan batin.

🔹5. Memulai sesuatu dari yang terpenting, sebagaimana Rosul mendahulukan syahadat ketika mentafsirkan islam dan memulai iman kepada Alloh ketika menafsirkan iman.

🔸6. Rukun islam ada lima dan ushul iman ada enam

🔹7. Beriman terhadap ushul iman yang enam merupakan termasuk mengimani perkara ghoib.

🔸8. Penjelasan bahwasannya islam, iman dan ihsan bertingkat-tingkat

🔹9. Penjelasan tentang tingginya derajat ihsan

🔸10. Ilmu tentang terjadinya hari kiamat hanya diketahui oleh Alloh.

🔹11. Penjelasn tentang beberapa tanda hari kiamat.

🔸12. Orang yang tidak tahu hendaknya mengatakan: wallohu a’lam.

〰〰〰

⬆️📝 Diterjemahkan oleh "Syabab Ikhwan Kendari" dari Kitab Fathul Qowil Matin Fii Syarh Arbain Nawawi, karya Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafidzahulloh


〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡