🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗

💎 FAWAID DARI HADITS AL-ARBAIN AN-NAWAWIYYAH

(HADITS KE 18)

〰〰〰

عن أبي ذر جُندب بن جُنادة وأبي عبد الرحمن معاذ بن جبل رضي الله تعالى عنهما، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: “اتَّق الله حيثما كنت، وأتْبع السيِّئةَ الحسنةَ تَمحُها، وخالِق الناسَ بخُلُق حسن” رواه الترمذي، وقال: “حديث حسن”، وفي بعض النسخ: “حسن صحيح”.

✏️ Dari dari Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdirohman Muadz bin Jabal rodiyallohu anhuma bahwasannya Rosululloh shallollohu alaihi wasallam bersabda : “Bertaqwalah kepada Alloh dimanapun engkau berada dan iringilah perbuatan jelek dengan kebaikan maka kebaikan itu akan menghapuskan kejelekan dan bergaullah bersama manusia dengan akhlaq yang baik”. (HR. At-Tirmidzi. dan beliau berkata: hadits hasan. pada sebagian teks: hasan shohih)

〰〰〰

✏️ Berkata Fadhilatus Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad حفظه الله:

💎 Faedah-faedah dari hadits:

🔹1. Kesempurnaan nasehat Rosululloh kepada ummatnya yang diantaranya tiga nasehat yang disebutkan dalam hadits ini yang merupakan nasehat yang mencakup (berbagai kebaikan)

🔸2. Perintah untuk bertaqwa pada semua keadaan, ditempat manapun dan kapanpun masanya

🔹3. Anjuran untuk mengiringi perbuatan jelek dengan melakukan kebaikan-kebaikan

🔸4. Bahwasannya amalan-amalan kebaikan dapat menghapuskan kejelekan

🔹5. Anjuran untuk bergaul bersama manusia dengan akhlaq yang baik

〰〰〰

⬆️📝 Diterjemahkan oleh "Syabab Ikhwan Kendari" dari Kitab Fathul Qowil Matin Fii Syarh Arbain Nawawi, karya Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafidzahulloh


〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡