🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗🔗

💎 FAWAID DARI HADITS AL-ARBAIN AN-NAWAWIYYAH

(HADITS KE 31)

〰〰〰

عن أبي العباس سَهل بن سَعْد الساعدي رضي الله عنه قال: جاء رجلٌ إلى النَّبيِّ صلى الله عليه وسلم، فقال: يا رسول الله! دُلَّني على عمل إذا عملته أحبَّني الله وأحبَّني الناسُ، فقال: "ازهد في الدنيا يُحبّك الله، وازهد فيما عند الناس يُحبّك الناس" حديث حسن، رواه ابن ماجه وغيره بأسانيد حسنة.

📢 Dari Abul Abbas Sahl bin Sa'ad as-Saidiy rodhiyallohu anhu berkata: Ada seseorang yang datang menemui Rosululloh shallallohu alaihi wa sallam, kemudian bertanya: wahai Rosululloh tunjukanlah padaku sebuah amalan yang jika aku amalkan maka Alloh akan mencintaiku dan manusia akan mencintaiku. maka Rosululloh bersabda: "Zuhudlah terhadap dunia maka Alloh akan mencintaimu, dan zuhudlah terhadap apa yang ada ditangan manusia maka manusia akan mencintaimu. (Hadits hasan, riwayat ibnu majah dan selainnya dengan isnad yang hasan).

〰〰〰

✏️ Berkata Fadhilatus Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad حفظه الله:

💎 Faedah-faedah dari hadits:

1⃣ Semangat para sahabat untuk bisa meraih kecintaan Alloh dan kecintaan manusia

2⃣ Menetapkan sifat mahabbah (kecintaan) bagi Alloh

3⃣ Seorang hamba akan mendapatkan kebaikan ketika Alloh mencintainya

4⃣ Diantara sebab yang bisa mendatangkan kecintaan Alloh adalah dengan zuhud terhadap dunia

5⃣ Sikap zuhud terhadap apa yang ada ditangan manusia (berupa harta) merupakan sebab kecintaan manusia kepada dia, sehingga dia bisa mendapatkan kebaikan orang tersebut dan selamat dari kejelekannya.

〰〰〰

⬆️📝 Diterjemahkan oleh "Syabab Ikhwan Kendari" dari Kitab Fathul Qowil Matin Fii Syarh Arbain Nawawi, karya Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad hafidzahulloh


〰〰〰

⚠️ Faedah kedudukan hadits ❗️

🔹berkata ibnu rojab al hambali rohimahulloh : hadits ini dikeluarkan ibnu majah melalui periwayatan kholid bin amr al qurosyi dari sufyan at sauri dari abu hazim dari sahl bin sa'ad dengan sanad hasan.
📚 (jamiul ulum wal hikam.351.cet. dar ibnu hazm).

📌 Keterangan tentang rowi yang bernama kholid al qurosyi:

1. berkata imam ahmad: dia perowi yang mungkar hadisnya

2. berkata ibnu ma'in: haditsnya tidak di anggap, dia pendusta.

3. berkata abu zur'ah: haditsnya ditinggalkan

📚 (kitab syarh dan ta'laiq arbain, abu abdillah muhmud bin jamiil. cet. dar mustaqbal)

🔹Hadits ini memiliki penguat dari jalur sahabat anas bin malik rodhiyallohu anhu. dan dinyatakan shohih oleh syaikh al-albaniy rohimahulloh.

📚 (kitab shohil jami'. 922_923)


〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡