〰〰〰〰〰〰
🔰 Silsilah KAJIAN KITAB TAUHID

الملخص في شرح كتاب التوحيد

✏️ Karya: Syaikh Sholeh bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan حفظه الله

〰〰 0⃣4⃣ 〰〰

📚 KITAB TAUHID
(Penjelasan Dalil Keempat)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

وَاعْبُدُواْ اللّهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئًا ....

“Dan beribadahlah kalian hanya kepada Allah dan janganlah berbuat syirik sedikitpun …..”. (QS. An-Nisa : 36)

📌 Makna perkata dari ayat:

Kata لا تشركوا : Tinggalkanlah kesyirikan. Kesyirikan adalah menyamakan sesuatu selain Allah dengan Allah pada perkara-perkara yang merupakan kekhususan Allah.

Kata شيئاً : kata nakiroh (umum) dalam konteks kalimat larangan, maka mencakup larangan dari syirik besar ataupun kecil.

📌 Makna ayat secara global:

Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk beribadah hanya kepada-Nya dan melarang mereka dari berbuat syirik. Dan dalam ayat Allah tidak mengkhususkan penyebutan satu jenis ibadah baik doa, sholat atau selain keduannya agar bisa mencakup seluruh jenis ibadah. Dan juga Allah tidak mengkhususkan satu jenis syirik dari jenis-jenis syirik yang ada agar bisa mencakup seluruh jenis syirik.

📌 Kesesuaian ayat dengan bab:

Dalam ayat Allah mulai dengan perintah kepada tauhid dan melarang dari syirik maka didalam ayat ini ada penafsiran tauhid yaitu beribadah hanya kepada Allah dan meninggalkan kesyirikan.

📌 Faedah-faedah ayat:

1. Wajibnya mengesakan Allah dalam ibadah dikarenakan Allah memerintahkan dalam ayat ini diawal ayat dan ini merupakan kewajiban yang paling utama.

2. Larangan dari kesyirikan dikarenakan Allah melarangnya dan dia adalah keharaman yang paling besar.

3. Meninggalkan kesyirikan merupakan syarat sah ibadah dikarenakan Allah menggandengkan perintah ibadah dan larangan dari syirik.

4. Seluruh jenis kesyirikan haram baik dia sedikit atau banyak, kecil ataupun besar.

5. Tidak boleh menyekutukan Allah dengan apapun baik dari malaikat, nabi, orang sholeh dari para wali, atau berhala, dikarenakan larangannya umum.


📖 Disalin dari Kitab Al-Mulakhkhos Fii Syarhi Kitabit At-Tauhid karya Syaikh Sholeh bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan hafidzahulloh, halaman 15.

📝 Alih Bahasa: "Syabab Ikhwan Kendari"


〰〰〰〰〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡